Phobia??!

00.18

Heloooww My Lovely  readers *kecupAfgan*

siapa yang kangen sama gue hayoo????

belom ampe seminggu kaga nyebarin cinta di blog ini, gue udah kangeen aje. muehehe..
akhirnya setelah melewati hari senin,selasa, rabu, kamis, jumat, sabtu, gue selesai juga uas..
*tariknapas**keluarinlewatbelakang*

bedeweh (gaya alay) gue mau ngebahas dikit tentang 'phobia'.

Phobia itu apasih?
Gatau Phobia? NDESO! wkwk
Phobia itu apayah? euum *nyari di kamus bahasa arab*

Phobia itu adalah suatu ketakutan yang lebay (baca:berlebihan). ketakutan akan sesuatu, kaya situasi-situasi tertentu gitu. 

phobia bisa di sebabkan berbagai macam hal.
kebanyakan phobia disebabkan karena pernah mengalami ketakutan yang hebat atau pengalaman pribadi yang disertai perasaan malu atau bersalah yang semuanya kemudian ditekan kedalam alam bawah sadar. kaya traumatis yang di alami waktu kecil.

tau gak? ternyata phobia bisa bikin orang melakukan hal-hal ga wajar, malah melakukan hal-hal gilak!
macam lari, teriak, nangis itusih biasa. kalo ampe lepas baju gara-gara di bajunya ada laba-laba? thats crejeeh bebeh. temen gue ngalakuin itu! untungnya dia cowo, kalo cewe.. eummm...

sebenernya phobia itu cuma ada 3 jenis.

1. Phobia spesifik/sederhana
ini phobia terhadap suatu objek / keadaan tertentu. misalnya binatang, ketinggian, tempat tertutup dll.









2. Phobia Sosial

Phobia terhadap pemaparan situasi sosial. misalnya gak suka jadi pusat perhatian, biasanya orang kaya ini bakal ngindarin tempat rame. lah kalo gue pengen jadi pusat perhatian #plak






3. Phobia kompleks
Phobia terhadap tempat atau situasi ramai dan terbuka. misalnya di kendaraan umum/mall, orang kaya gini bisa aja takut keluar rumah.








Ini phobia yang banyak di alami sama orang-orang di sekitar kita.
Galeophobia / Ailurophobia / Gatoph
Takut sama kucing.

banyak banget temen-temen gue yang punya phobia sama kucing. dari yang cuma gatel-gatel kalo kena kucing, ampe ada yang pingsan karna di takut-takutin temennya sama kucing.
gue juga takut sih sama kucing. tapi kadang-kadang *lah?*. iya seriusan!  gue gak takut sama kucing yang udah sering gue liat (kucing tetangga gue), tapi gue bakal teriak-teriak ga jelas kalo di deketin sama kucing yang gak pernah gue liat. yang mukanya nyeremin gitu. tau gak ternyata Adolf Hitler, Benito Mussolini dan Julius Caesar juga phobia sama kucing--"

Myctophobia
Takut Gelap.
Temen gue ada yang takut sama gelap. jadi waktu di sekolah, pernah ujan dan gelap banget harinya, dan tiba-tiba mati lampu! temen gue yang punya phobia diem sambil nutupin matanya pake tangan, gemeteran banget deh dia. terus temen-temen yang lain pada sibuk ngebukain gorden sama pintu.

Batrachophobia
Takut Reptil.
 Reptil. siapa sih yang ga takut reptil? para pecinta reptil. Iyelah, namanya juga pecinta.
gue sih ga takut-takut banget, paling ya takut-takut gitu aja (?)
dulu waktu SD, para cowo di kelas gue seneng banget nangkepin kadal di lapangan samping sekolah. trus kadalnya di bawa ke kelas. trus temen gue ada yang iseng, dan narok kadalnya di meja salah satu temen gue yang cewe. hampir aja tuh kadal di getok pake kotak pensil, untung aja kadalnya di selamatkan temen gue yang lain. kalo enggak, udah keluar deh isi perut itu kadal.

Hypsiphobia
Takut ketinggian
Siapa takut ketinggian?????
gue sih enggak. paling kalo di tempat yang tingiiiiiiiii banget, gue bakal muntah-muntah kalo ngeliat ke bawah. huehehe..
salah satu temen gue di kelas takut ketinggian. dan dia cowo--". katanya dia takut, gara-gara dia pernah naek di atap rumah, trus hampir jatoh, untungnya ada pegangan gitu. jadi dia ga jatuh. ampe sekarang dia takut ketinggian. kasian dirimu nak! #pukpukforAndro

Hydrophobia
Takut Air

hayo hayo.. siapa yang takut air? ga pernah mandi dong? hayoooo...
gue sih ga punya temen yang phobia sama air. yaaa.. aneh sih kalo phobia sama air. di tubuh kita sebagian besar dari air. minum gimana? kan air. masa ga minum? jangankan air minum, air ludah kan air. nah, terus? aneh banget deh yang phobia air. gue juga bingung kok bisa gitu.
Natalie Wood phobia sama air. dia meninggal gara-gara jatuh dari jembatan, jembatan kan ada air di bawahnya. gue sih duga dia takut karna liat air, trus jatuh deeeh..


Philophobia
Takut Jatuh cinta atau di cintai
 Heloowh.. Nothing love, Nothing special mameen. Entahlah gue bingung, kok bisa phobia dicintai? gue sih selalu ingin di cintai. tapi gue takut mencintai #plak *sama aja dul!*. tergantung gue sih. gue mencintai keluarga gue, orang-orang di sekitar gue, dengan cinta yang lebih mengarah ke rasa sayang. gue takut jatuh cinta, gue takut cinta gue tak berbalas. itu sakit men! *lah? kok curhat?* isshh...


mau tau nama phobia lo? cek disini

Ada beberapa teknik nyembuhin phobia.


1. Hypnotheraphy
Penderita phobia diberi sugesti-sugesti untuk menghilangkan phobia. macam uya kuya kali yak. muehehe

2. Flooding
Exposure Treatment yang ekstrim. misalnya nih tu orang takut sama kucing, jadi itu orang di taro dalam suatu tempat yang di dalamnya ada beberapa kucing. sampe orang itu kaga takut lagi. ekstrim banget sih menurut gue, soalnya kalo kita takut, kita bakal ngelakuin apa aja. kalo ampe pingsan trus pingsannya sekalian pergi, gimana dong?

3. Desentisisasi Sistematis
Dilakukan exposure bersifat ringan. cuma di suruh ngebayangin aja. misalnya takut karet, ya bayangin aja elo lagi mesra-mesraan sama karet. lo dinner bareng sama karet. terus bayangin aja karet itu cewe cantik nan sekseh #sesat

4. Abreaksi
Orang yang punya phobia sama kelinci (misalnya) di ajak buat nonton film yang berbau kelinci. terus di liatin kelinci dari jarak jauh. di deketin ampe deket. kalo kaga terjadi apa-apa, di pegang deh kelincinya.

5. Reframing
Orang yang punya phobia disuruh ngebayangin lagi menuju masa lampau saat permulaannya, jadi ngebayangin  di saat itu kita gak benci sama benda itu, kita gak takut. kaya dibentuk suatu manusia baru yang ga takut lagi sama  phobia-nya.


Nama Phobia tu banyak banget guys. liat disini deh. cek apa nama phobia lo.

eh gue juga ada nanya sama anak-anak Kancut Keblenger


dan ini jawaban mereka
Yaa begitulaah

image from :

You Might Also Like

53 L.O.V.E

silahkan beri komentar kritik dan saran.
Terimakasih.

#muchlove