Berpakaian tapi Telanjang (Hijab Syar'i)

20.45

Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, 

Ada dua golongan penghuni neraka yang belum aku lihat, satu kaum yang selalu bersama cambuk bagaikan ekor-ekor sapi, dengannya mereka memukul manusia dan wanita-wanita yang berpakaian tapi telanjang. Mereka berjalan dengan melenggak-lenggok, kepala-kepala mereka seperti punuk-punuk unta yang miring. Mereka tidak akan masuk surga & tidak mencium baunya, padahal bau surga bisa tercium dari jarak demikian & demikian”. [HR. Muslim Abu Hurairah radhiyallahu’anhu]
Naudzubillahi Min Dzalik. 

Semoga kita selalu berada dalam lindungan Allah dan bukan termasuk golongan wanita-wanita berpakaian tapi telanjang yang dimaksud dalam hadist tersebut. aamiin


Eh sebelumnya Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh... 

waaahh Emel kok jadi sok agamis gini? 
Wahaha.. aish enggak lah. Saya cuma mau ngeshare sesuatu yang semoga bermanfaat. yang beberapa referensinya saya dapat dari buku dan internet hehe. bukan maksud menggurui ya teman-teman ;)
sharing aja disini hoho

Oh iya ..................
Untuk pengingat kita Ukhti :)
Nah kadang kita melalaikan perintah Allah ini dengan bilang "Jilbabin dulu hatinya, baru fisiknya."
balik lagi "Berjilbab itu wajib, Bukan Sunnah!"
Di bukunya Oki Setiana Dewi yang Melukis Pelangi, ada potongan kalimat yang menohok buat saya sekaligus bikin saya sadar juga tentang jawaban untuk pernyataan yang sering bikin kita lalai itu,
".....kenapa tidak kita ubah pradigmanya? Jilbabkan dulu kepala kita, sambil kita barengi dengan menambah ilmu. Setelah itu, perlahan semua sisi kehidupan kita akan mengikuti" 

Nih..
sumber
Yaps. Dan kaya kutipan di buku Yuk Berhijab nya Felix Siauw,


"Hijab tanpa Nanti, Taat tanpa Tapi"

Berhijab juga akan membuat kita berpikir beribu kali untuk melakukan hal-hal yang tidak baik dan membantu kita lebih banyak mengingat akhirat.. Hijab adalah bukti ketaatan kita kepada Allah.. Subhanallah.....

 "Wanita berhijab belum tentu sholehah, tapi wanita sholehah sudah pasti berhijab"
Yuk aahh... Kembali kedalam keyakinan diri masing-masing :) Tapi kalau boleh berbagi, Hijab itu membawa banyak manfaat untuk diri kita loh, Ukhti.
Misalnya nih, di jalan ketemu sama cowo-cowo yang suka godain cewe. Biasanya di godain pake di cuit-cuitin atau "Hai cantik" "Cewe" dan lain sebagainya sambil ngeliatin body si cewe dari atas sampe bawah.
Setelah pakai Hijab, Insya Allah yang kata-kata untuk ngegodain itu di ganti sama "Assalamu'alaikum......" 
waaah siapa yang tidak bahagia, di doakan Semoga diberikan keselamatan atasmu, dan rahmat Allah serta berkahNya juga kepadamu :')

Oke.. Sekarang kita ngebahas bagaimana biar kita tidak termasuk dalam golongan wanita yang Berpakaian tapi Telanjang. 
sebagai pengingat kita ukthi, agar kita tetap bisa mulia di mata Allah. Sama-sama belajar ya hehe 




1. Menutup Aurat
Penutup aurat itu tediri dari 3 bagian. Al-Tsaub yaitu pakaian sehari-hari atau baju biasa, Jilbab yaitu pakaian yang terulur menutup kaki (kaya gamis gitu), dan Khimar yaitu penutup kepala atau kerudung.
ini dari buku Yuk Berhijab -Felix Siauw

Hijab Syar'i itu seharusnya seperti ini, Ukhti
Siapa bilang pakaian kaya gitu bakal bikin kecantikan kita tertutupi? Coba lihat ka Oki Setiana Dewi pemeran Anna di film Ketika Cinta Bertasbih dan Bunda Pipik istrinya alm.Uje. Cantiknya itu ga pernah bikin bosan.

Ingin cantik dimata Allah atau hanya dimata manusia yg bukan siapa-siapa? Udzkurullah...

2. Tidak Tabarruj
Apasih Tabarruj itu? Tabarruj artinya wanita yang memamerkan keindahan dan perhiasannya kepada yang bukan mahram. 
Misalnya wanita yang berpakaian Ketat (membentuk Tubuh)
Seperti yang diterangkan dalam surah Al Ahzab 59, Jilbab adalah baju longgar yang menutupi seluruh tubuh perempuan dari atas sampai bawah.

Nah kalau berpakaian ketat, walaupun sudah menutupi seluruh tubuh di sertakan khimar (Sebutan untuk kerudung), tetap aja gak boleh ukhti, karena percuma juga tetap mempertontonkan aurat kita :)
Jujur nih, saya juga belum bisa sepenuhnya berhijab syar'i :'( Sedih sih. Karena sekolah saya adalah sekolah umum, jadi memang harus mengikuti aturan yang ada. Khimar yang saya gunakan masih standar biasa, kerudung segiempat yang dilipat segitiga (?) haha pokoknya gitulah... Tapi Insya Allah mulai belajar sedikit demi sedikit. Insya Allah :')

Seperti di buku "Yuk Berhijab" nya Felix Siauw juga, ini dia Check list Hijab Syar'i agar tidak Tabarruj
  • Longgar Menyamarkan Bentuk
  • Tebal, Tidak tembus pandang
  • Kerudung sederhana, bukan hiasan untuk menarik perhatian
  • Kerudung tidak berpunuk unta (ciput), juga tidak membesarkan bentuk kepala
  • Berdandan yang cantik hanya untuk yang mahram (suami)
3. Hijab Syar'i
Ini juga termasuk bagian dari point 1 dan 2 sebenarnya.. tapi kita bahas lebih mendalam yaps tentang kerudung yang kita gunakan ;)
Kenapa kita gak boleh memakai kerudung yang di model-modelin sesuai 'fashion' kaya zaman sekarang?
Karena kerudung yang di model-modelin zaman sekarang itu seringkali masih menampakkan aurat kita. kaya misalnya lekuk leher dan dada.
Oh iya jangan Khawatir rambut berketombe atau rontok karena berhijab, menurut penelitan semua itu karena faktor keturunan ataupun kesalahan individu nya. Duuh jangan nyalahin hijabnya ya, ukhti :D

Jangan mempersulit diri dengan dandan berjam-jam buat ngemix and match kerudungnya.. 
Inget kan sabda Nabi Muhammad, kalo yang berlebihan itu gak baik ;)
Hijab itu bukan buat pembuktian fashion ataupun mengejar popularitas sehingga di pandang manusia, melainkan pembuktian kepatuhan kepada Allah SWT.


           Tapi balik lagi...........

Tujuan kita berhijab itu untuk apasih sebenarnya?
Hanya untuk sekedar memenuhi syarat keislaman  atau memang tulus ikhlas karena Allah SWT.
Kalo niatnya Lillahi ta'ala, kita gak mungkin melalaikan kewajiban untuk melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangan nya dengan berbagai macam alasan ;)

sumber
Bismillah, saya juga baru mulai belajar.... yuk sama-sama jadi cantik dimata Allah, agar bisa menjadi pribadi yang baik untuk dunia dan akhirat :')

semoga bermanfaat ({})



Love,




Icha



souce:
http://beamcharged.com/wp-content/uploads/2013/05
dan berbagai referensi buku yang saya baca :)



NB: Kalau ada yang salah atau kurang di postingan ini,
mohon di perbaiki biar ga ada yg salah lagi hehe :) terimakasih

You Might Also Like

46 L.O.V.E

silahkan beri komentar kritik dan saran.
Terimakasih.

#muchlove