[FYI] Tertular Cacar Air? How to deal with it!

03.26

harus kuat ya!

Beberapa waktu lalu ketika temen-temenku
lagi ngobrolin tentang cacar air, aku penasaran, kok sampe sekarang aku belum pernah kena cacar air ya. Terus tiap ada bentol-bentol merah gitu, langsung worry kalo itu cacar, padahal ada yang cuma karena gigitan  nyamuk, ada yang karena alergi obat, dan ada yang karena alergi dingin. Emang lebay banget si Emel, dikit-dikit dikira cacar haha.

But, Alhamdulillah, sekarang lagi kena cacar nih
Banyak hal yang aku syukuri ketika sedang sakit gini, pertama yaitu diampuni nya dosa-dosa, kedua mempunyai banyak waktu longgar untuk semakin mendekat kepada Allah, ketiga mempunyai waktu untuk istirahat sebentar dari kesibukan, dan masih banyak nikmat lainnya yang aku rasakan
Aku senang ketika aku sakit, tapi bukan berarti aku menghendaki sakit itu. Daripada ngeluh-ngeluh, mending sok kuat aja dan dibawa happy. toh masih banyak hal yang harus di syukuri. Ye gak? Tul kan? 

Doain aku ya, Semoga Allah paring kesehatan, kelancaran dan kebarokahan untukku 

Image result for bersyukur ldii


Ngerasa banget sih, ketika Allah kasih 'nikmat' nya sakit ini, badan lemes, ga nafsu makan, apalagi sedang diperantauan, gak sama orang tua, bener-bener ngerasa, gak ada daya upaya kecuali dengan kebesaran-Nya.
Alhamdulillah Allah paring temen-temen yang care banget sama aku. Luv yu gaes

Memang sengaja, aku mengurangi interaksi langsung sama orang lain. Entah itu teman kuliah, ditempat kerja, organisasi dll. Sedang masa recovery. Bahkan sama temen kos, udah aku bilangin dari awal "Aku lagi bervirus, jangan deket-deket yaaa. jangan masuk kamarku dulu" sambil becandaan gitu sih.
semua ya aku lakukan karena aku gak mau menularkan virus Varicella zoster ini. Karena memang penularannya itu unpredictable banget sih menurutku. Dan masa inkubasi virusnya itu lama, yaitu 7-21 hari (dari jurnal yang aku baca).

Mau diceritain gak gimana virus ini bisa menginfeksi aku?




Cacar Air
Cacar air adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus Varicella zoster. Nah, virus ini bisa menginfeksi dari kontak langsung dengan penderita, bahkan melalui udara.
Katanya sih, cacar air ini lebih banyak menyerang anak-anak. Terus waktu aku bilang ke temenku kalo aku kena cacar air, dia jawab "Lah iya pantes aja, kamu kan masih bocah" Okesip. Bhay!

Masa inkubasi virusnya ini 7-21 hari, ruam merah akan muncul setelah 10-21 hari setelah penularan virus ini, dan infeksinya bisa lima hingga sepuluh hari.

Apa gejalanya?
Awalnya aku ngerasain kaya gejala flu biasa. Demam, pusing, badan lemes, sakit tenggorokan, dan gak nafsu makan. 
Nah aku mulai ngerasa demam itu hari selasa (11/12/19) tapi ya aku cuek aja, beraktifitas pun masih aku paksain seperti biasa. Tapi emang yang paling kerasa itu lemesssss banget, sama badan tuh gerah, padahal aktifitas di ruangan ber AC.
Hari kamis pagi pas bangun tidur, ngerasa gatel di sekitar paha, ya di garuk dong ya wkwk. Eh ternyata pas aku raba gitu, ada bintik merah yang banyak, gatel banget. Panik dong hahaha.
Terus karena emang lagi gaenak badan (flu batuk) jadi aku berobatlah sorenya itu ke RS Jogja.
Ditanyain sama dokternya keluhannya apa aja, terus aku bilang "ada bintik-bintik gitu dok, saya takutnya cacar, tapi semoga aja enggak"
Dokternya juga meriksain bintiknya.  Dan ya, ternyata memang cacar kata dokternya  hehe

anggep aja sebagai aku wkwk

Jadi teman-teman, kalo ada yang merasakan gejala kaya aku, harus segera berobat ke dokter ya. Nantinya itu positif cacar atau enggak, ya gapapa, yang penting segera di atasi, sebelum bintik-bintiknnya semakin banyak. Kalo bintik-bintiknya semakin banyak, nanti akan makin lama juga waktu yang dibutuhkan untuk pengobatannya. Terus, kamu juga semakin berisiko menularkan ke orang lain yang ada disekitar kamu.
Alhamdulillah bintik-bintik di aku masih sedikit banget, di bagian paha sama kaki aja. Semoga gak bertambah bintiknya dan cepet sembuh  biar ga nularin ke orang lain. 

Bisa dicegah gak?
Insya Allah bisa. salah catu caranya dengan vaksin cacar.
Ya aku juga dulu waktu SD kelas 3 udah divaksin. Alhamdulillah gak kena saat masih kecil, karena nanti akan merepotkan banyak orang haha. Qodarullah sekarang kena cacarnya hehe.

Dan juga bisa dicegah dengan tidak kontak langsung dengan penderita, tidak memakai handuk yang sama. Tapi tetep ya, harus dijaga akhlaknya, biar temen yang lagi sakit gak merasa tersinggung. dikomunikasikan saja. Insya Allah begitu lebih baik.

Untuk yang lagi kena cacar, bisa pake masker dulu selama beberapa waktu. Mencegah penularan ke temennya. Kalo aku sih gak masalah. Semoga aku gak nularin ke siapa-siapa ya. sedih juga kalo ada yang tertular nantinya 


Cara mengobatinya gimana?
 Segera ke dokter ya kalo ngerasasain gejala kaya aku.
Nanti sama dokter akan di kasih obat.
Kalo aku dikasih obat namanya Acyclovir. Diminum 2 tablet , 5x kali sehari setiap 5 jam sekali.
Aku shock waktu dikasih tau gitu sama mba apotekernya. Kalo ditotal, 50 tablet dihabisin dalam 5 hari  Aku kan ga rajin gitu anaknya minum obat. Sampe ta bikin alarm biar inget haha.
Gapapa sih. Doain ya biar cepet sembuh. Aku doain juga semoga kalian semua Allah paring kesehatan. Aku juga di kasih lotion Calamed sama dokter. dipake 2x sehari sehabis mandi.


Nah satu lagi ni,
Aku disaranin sama temenku, Aya namanya. Dia bilang pake jagung muda terus di serut, nanti diolesin ke bintik-bintiknya. It's work sih sejauh ini.
Ternyata mama ku juga nyaranin hal yang sama.
Waktu videocall mama bilang "Itu nak pake jagung muda yang buat sayur itu, diserut"
Terus aku nunjukin dong jagungnya "Niiihhh cicis udah pake"
"Loh kok udah tau? Di kasih tau siapa" Mama sambil takjub gitu wkwk 
Ma, u should proud of ur little girl. 


How to deal with it?
Nah ketika kamu kena cacar, atau penyakit apapun itu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah bersyukur sama Allah dan minta pengampunan dosa. Allah seneng tuh kalo liat hambanya kaya gitu. Percaya deh, hal apapun kalo kita bersyukur, pasti bisa kita lalui seberat apapun itu. Dan bahkan Allah akan menambah nikmatnya untuk kita. Doain aku ya biar bisa bersyukur terus sama nikmat-nikmatnya Allah

Yang kedua adalah sabar. Kalo udah bersyukur pasti mudah dong untuk bersabar. Bersabar sama 'nikmat' yang lagi Allah kasih ini. Allah lagi naikin derajatnya kita kalo kita bersabar. Jangan ngeluh yaaa. Cerita ke temen boleh, tapi jangan sampai mengeluhkan keadaan. aku juga lagi belajar hal ini 



You Might Also Like

1 L.O.V.E

  1. dari pengalaman kita jadi bisa belajar ya kak. semangat mnulis!

    BalasHapus

silahkan beri komentar kritik dan saran.
Terimakasih.

#muchlove