08/12/16

"Disability is an Ability"


 Assalamualaikum.. Haloo Bloggies!

Yups, tanggal 3 Desember lalu kita memperingati Hari Disabilitas Internasional. (latepost ya haha)

Pada tau nggak sih apa disabilitas itu?

Sebenernya, sebelum ikut kegiatan charity di tanggal 3 Desember kemarin aku juga belum 'ngeh tuh apa itu disabilitas, mikirnya sih disabilitas itu sama kaya difabel.

Emang beda ya?
Jelas beda. (ternyata beda. Emel juga baru tahu hehe)

Okay, mari kita lihat definisi menurut para ahli, apa sih perbedaan disabilitas dan difabel?


Disabilitas adalah seseorang yang termasuk kedalam cacat fisik, penyandang cacat mental ataupun gabungan penyandang cacat fisik dan mental (UU 4/1997)
Tidak semua manusia diciptakan dengan fisik ataupun mental yang sempurna, ada sebagian orang yang memiliki kekurangan seperti tidak dapat mendengar, tidak dapat berbicara, keterbelakangan mental dan sebagainya.

Difabel adalah seseorang yang memiliki kelainan fisik dan atau mental yang sifatnya mengganggu atau merupakan suatu hambatan baginya untuk melakukan kegiatan sehari-hari secara layak atau normal (John C. Maxwell)

Disabilitas atau dalam bahasa Inggris 'Disability' berarti ketidakmampuan atau cacat. Tetapi istilah disabilitas ini digunakan dalam konotasi positif. Ketika lingkungan di sekitar sudah akomodatif dan si subjek dapat berkegiatan tanpa halangan lagi, maka dia akan jadi person yang seutuhnya, tanpa embel-embel disabilitas lagi.
Sedangkan, Difabel merupakan singkatan dari dua kata yaitu differently ability yang berarti kemampuan yang berbeda. Misalnya orang yang tidak memiliki tangan sehingga tidak dapat menulis menggunakan tangan, tetapi dia mampu menulis menggunakan kaki.

Can you see the different from the definition?

Istilah Difabel dan Disabilitas digunakan  untuk menanggapi isu mengenai hak-hak penyandang disabilitas. Mereka membuktikan bahwa keterbatasan bukan menjadi penghalang untuk berkegiatan seperti orang-orang dengan fisik maupun mental yang sempurna. Bahkan, tidak sedikit dari kaum difabel mampu memiliki kemampuan berbeda dari orang kebanyakan dan penyandang disabilitas yang memiliki kemampuan luar biasa,

DISABILITY IS AN ABILITY !

Keterbatasan fisik maupun mental tidak menjadi penghalang bagi penyandang disability untuk memiliki ability. Kita semua sama memiliki potensi dan kelebihan diri.

'Hari Disabilitas Internasional'

Dalam rangka memperingati hari Disabilitas Internasional tanggal 3 Desember lalu, Forum komunitas penyandang disabilitas bersama para aktivisis memperingatinya dengan mengadakan aksi .

#16HAKTP yaitu 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan

Tuntutan didalam aksi tersebut adalah mendesak pengesahan RUU 'Penghapusan Kekerasan Seksual', mengembalikan hak-hak wanita dan terutama melindungi penyandang disabilitas dari kekerasan seksual yang marak terjadi dewasa ini. 

Penyandang disabilitas yang dianggap memiliki kekurangan menjadi sasaran dalam perlakuan tidak menyenangkan seperti kekerasan seksual, pemerkosaan dan kekerasan ang terjadi di dalam rumah tangga. Seharusnya hal ini menjadi PR untuk pemerintah agar dapat memperhatikan kejadian tersebut terhadap penyandang disabilitas. Kita semua sama, mempunyai hak yang sama. Tuntutan terhadap pelaku kejahatan tersebut harus ditanggapi dengan serius agar tidak terdapat korban-korban penyandang disabilitas lainnya. Hentikan Kekerasan Seksual. Sahkan RUU 'Penghapusan Kekerasan Seksual!

Kegiatan #16HAKTP diadakan pada hari Minggu tanggal 4 Desember 2016 di Gedung DPRD DIY Jl.Malioboro, Yogyakarta. Dalam kegiatan tersebut penyandang disabilitas menampilkan berbagai macam kemampuan mereka. ada yang bernyanyi, bermain alat musik khas jawa tengah, bermain teaterikal dengan mengangkat tema kekerasan dalam rumah tangga, penampilan dari anak-anak autis yang sangat bertalenta membuat semua penonton terharu sekaligus terpesona, pembacaan puisi dari aktivis mengenai hak disabilitas,permainan biola dari anak autis dengan lagu "Ambilkan Bulan" dan ditutup penampilan anak jalanan mantan pengguna narkoba dengan lagu Laskar Pelangi dan Jangan Menyerah, para penonton ikut larut dalam suasana yang menggembirakan.Hadir pula 3 pengacara yang berjanji siap untuk memperjuangkan hak-hak disabilitas dan mendesak pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual. Semua menyatu dalam tekad untuk mendukung #16HAKTP.



Kami bergerak. Kami beraksi.Kami mendukung pengesahan 
RUU Penghapusan Kekerasan Seksual 


Disability is an ability.Mereka 'disability' peduli dan menunjukan aksi nyata, kamu dengan 'ability' kenapa tidak?




Saya mendukung pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual. 



 Love,

Emel



Referensi : 
Definisi Menurut Para Ahli
Difabel atau Disabilitas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika ada kekurangan dalam postingan ini,
silahkan beri komentar kritik dan saran.
saya menerima dan akan saya perbaiki.
Terimakasih.

#muchlove

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...